Selamat Datang Pembaca

Tentang Mimpi dan Berbagi

15/12/11

Gadget Bikin Anti Sosial

Tak dapat dipungkiri saat ini arus teknologi informasi sudah semakin pesat. Beragam gagdet canggih dengan beragam fitur untuk memudahkan pengguna bermunculan di pasaran. Saya sih sebenarnya gak bisa menyebutkan satu per satu gagdet-gagdet itu, mengapa? Karena saya bukan gagdetmania dan kurang up date masalah-masalah begituan. Tapi contoh sederhananya aja, adanya handphone dengan spesifikasi yang simple sampai yang canggih yang kadang bikin saya bingung makenya, sampe tablet PC yang kini lagi digandrungi  masyarakat.
Gagdet bagi kehidupan seseorang sepertinya tak dapat dipisahkan lagi. Selain sebagai alat komunikasi dan informasi, gagdet juga biasanya berperan sebagai media hiburan. Tapi jangan salah, ketergantungan menggunakan gagdet bisa bikin anti sosial. Masa sih? Untuk menganalisanya mudah aja. Di ruang-ruang publik, salahsatunya yang paling sering dijumpai adalah di angkutan umum. Penumpang akan dengan begitu saja memasang headset ditelinganya dan memutar ratusan lagu yang ada di handphone, bikin status di facebook dan bertukar commnet atau chating lewat BlackBerry Messangger dibanding untuk memperhatikan keadaan sekitar. Bahkan sampai tak sadar ada penumpang lain yang membutuhkan ruang untuk memposisikan dirinya.
Gagdetmania seperti mempunyai dunianya masing-masing. Lebih senang berinteraksi dengan orang diluar pandangan matanya. Benar bila ada ungkapan, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Contoh dalam sebuah keluarga yang merupakan unit sosial terkecil. Si ayah sibuk dengan laptopnya, Ibu dan kakak asik berchating ria di masing-masing BBnya, sedangkan si kecil adik berselancar game online di komputer. Sangat menyedihkan bila kita akhirnya harus kehilangan hangatnya kebersamaan karena sibuk ngurusin blog atau ngetweet ini itu. (hee, bongkar aib sendiri) J
Gagdet yang kita punya seyogyanya digunakan secara bijak. Jangan sampai lupa berpijak ke dunia nyata karena tanpa sadar kita terperangkap temali sebagai budak gagdet.

Tidak ada komentar: