Selamat Datang Pembaca

Tentang Mimpi dan Berbagi

08/12/11

Anomali Cinta

Cinta adalah anomali. Bahkan saat seseorang merasa tak punya lagi alasan untuk mempertahankan cintanya, di sanalah cinta menampakkan keasliannya. Sebuah keteguhan di kala lelah. Sebuah kekuatan meski dilanda jengah.
Aku, selama dua tahun ini selalu merutuk diriku sendiri bahwa aku salah memilih jalur pendidikan. Bahwa pilihanku di bidang agribisnis adalah salah. Dua tahun ku habiskan dengan perasaan hambar. Tak ada perasaan ketertarikan untuk menggeluti agribisnis apalagi pertanian. Dua tahun aku dipenuhi perasaan tertekan dan merasa bersalah. Tertekan karena ketidakmampuan dan ketidakinginanku meng-upgrade kemampuan di bidang ini. Teman-temanku sudah berlari jauh, mereka sepertinya sudah menemukan apa yang dikatakan passion di bidangnya masing-masing. Hanya aku yang masih terlihat mengambang, hanya aku yang masih tampak berlari di tempat.
Seringkali aku berpikir, mungkin jika aku mengambil jalur komunikasi, sastra atau kimia, aku mungkin tak akan sebingung ini. Aku mungkin tak akan merasa sebodoh ini. Tapi apa mungkin?
Dalam rentang perasaan tak cinta itu, senantiasa ada sepotong doa dan harap yang ku gantungkan. Selesai shalat aku selalu berdoa, “Allah, ku mohon terbitkanlah perasaan cintaku padanya, jadikan aku seorang ahli bidang agribisnis. Biarkan aku memajukan pertanian dengan caraku sendiri,”. Setiap perkuliahan selalu aku usahakan untuk mengikutinya dengan baik. Tugas dan ujian ku ikuti dan tak bermaksud menyombongkan diri, nilai-nilaiku masih aman dikisaran A atau B.  Kemarin entah mengapa aku tersadar, aku memang belum merasakan cinta itu datang, tapi lihatlah bahkan saat perasaan itu belum ada, aku tak jengah dan lelah untuk mencari celah menemukan cinta. Inilah anomali cinta yang mungkin tak ku sadari. Bahkan bila ada tawaran lagi untuk mengambil jalur pendidikan yang ku inginkan belum tentu agribisnis ku lepaskan. Dua tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk begitu saja melepaskan apa yang sudah kita peroleh. Allah jauh lebih mengetahui bahwa sebenarnya inilah cintaku. Agribisnislah jodoh yang tepat dan terbaik untukku. (hemm, jadi nangis..)
Cinta tak selalu tertuang dalam rasa bahagia, kenyamanan dengan sesuatu yang kita cintai, rasa rindu dan hal-hal semacamnya. Terkadang cinta bermakna ganda. Dalam perasaan duka derita, kehilangan, rasa jenuh yang menggunung dan ingin menjauh, cinta itu tetap ada dalam ketersembunyiannya. Kemarin, rasa lelah, jengah dan jenuh memenuhiku. Ku katakan pada salahseorang temanku bahwa aku sedang bermusuhan dengan pena. Aku kehilangan semangat liputan dan inspirasi menulis. Rasanya ingin resign dari keanggotaan studenta dan berhenti menulis. Ada banyak kelelahan disana, ada banyak duri yang membuat luka dan payahnya lagi, tak ada suara yang berkata, “ayo Thya, kamu pasti bisa!”. Sebuah asupan semangat yang kadang ku butuhkan saat aku merasa tak mampu lagi menyemangati diriku sendiri. Namun tadi malam, aku disadarkan satu hal, selelah apapun aku, ada perasaan senang saat aku berada di tengah-tengah mereka. Ada sepercik hasrat untuk menjadi seperti mereka meski kenyataannya tulisanku masih banyak salah di sana-sini. Ada cinta meski dalam mulut ku katakan benci, bahkan cinta itu ku rasa lebih menyentuh.
Cinta adalah anomali. Saat kita merasa telah tersakiti dan tak pernah lagi mau mengenangnya, jujurlah, kadang kita merasa butuh jeda untuk kembali menyesap detik-detik saat bersamanya. Saat  kita tak mau lagi melihatnya, terkadang kita merasa perlu meliriknya meski hanya sepintas lalu. Begitulah mekanisme cinta bekerja. Cinta adalah paradoks yang paling absurd yang hidup di semesta ini. 

1 komentar:

thesaraswati mengatakan...

ah, thya.. bikin asti hampir menganak sungai..
*untunglah lg kuliah, jdi agak tertahan..*

hmm.. speechless..
jangan pernah merasa jauh tertinggal dari yang lainnya, karena mungkin, ada yang lain yang jauuh lebih tak seberuntung kita..

Salut & appreciate kpdmu saudariku yg telah mampu mendefinisikan rasa dan perasaan di hatimu..

*because honestly, i still can't describe what my soul feel with agb's stuff..even i try so hard to dragg my self into this world..