Selamat Datang Pembaca

Tentang Mimpi dan Berbagi

29/03/12

Unida-Gontor Gelar Seminar Islam

Bertempat di Aula Gedung C Universitas Djuanda, Institut Studi Islam Darussalam Gontor (ISID Gontor) bekerja sama dengan Universitas Djuanda menyelenggarakan Seminar Pendidikan dan Pemikiran Islam. Seminar yang diselenggarakan Kamis (29/3) itu mengangkat tema Problematika Umat dalam Idealisme dan Realitas sebagai Tantangan Pemikiran Islam Kontemporer dengan Sesi pertama mengenai Fatwa dalam Pandangan Islam serta Pendidikan Kurikulum Kesetaraan Gender. Adapun Sesi kedua membahas Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tantangan Global, Pernikahan Beda Agama dalam Perspektif Masing-Masing Agama dan Pembunuhan Berrencana dalam Perspektif Islam.

Sebanyak 200 peserta dari kalangan dosen, mahasiswa serta pelajar SMA hadir dalam seminar yang menghadirkan pembicara dari Pendidikan Kader Ulama Gontor Angkatan V dan civitas akademika Universitas Djuanda. Rangkaian seminar tersebut merupakan kedua kalinya diselenggarakan atas kerja sama Gontor dengan Universitas Djuanda.

Ketua Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia (YPSPIAI), Emnis Anwar, dalam sambutannya mengungkapkan sangat mendukung kegiatan tersebut karena saat ini serangan ghozzul fikri berada dimana-mana dan sangat dekat dengan masyarakat. "Di kawasan ini banyak tersebar, basis pengembangan agama lain serta proses kritenisasi, sehingga Universitas Djuanda dengan mengusung semangat kampus bertauhid memiliki peranan dalam memberikan pemahaman Islam kepada masyarakat," paparnya.

Salahsatu peserta mengungkapkan bahwa seminar tersebut sangat bermanfaat dan mampu membuka wawasan keislamannya. "Acaranya bagus, kita jadi paham pemikiran Islam lebih holistik, saya dapet pengetahuan dan pemahaman baru. Sering-sering aja acara kayak gini," tutur Nurul, mahasiswa Agribinis semester 6 tersebut.

Tidak ada komentar: